Jakarta Kumuh


Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang kumuhnya Jakarta. Tulisan itu tidak ada hubungannya dengan politik. Tulisan itu adalah murni spontanitas yang muncul saat jalan-jalan ke Jakarta. Saya sendiri sebenarnya sudah lama jalan-jalan ke kampung-kampung di Jakarta dan masalah kumuhnya Jakarta sebenarnya adalah masalah lama. Bukan hal yang baru karena Pimpinannya baru lalu muncul masalah baru, menurutku sih nggak juga.

Hanya saja, hal yang menjadi masalah adalah trend kekumuhan yang masih sama bahkan di beberapa tempat makin memburuk. Karena seharusnya dengan bertambah maju jaman seharusnya pendidikan masyarakat baik dan penegakan hukum harusnya semakin baik. Tetapi nyatanya jadi tanda tanya juga.

Masalah kesehatan memang menjadi masalah yang cukup besar juga di Indonesia. Bayangkan saja kalau di Jakarta, kota termodern di Indonesia masih kumuh, apalagi daerah-daerah lain. Memang itu semua tidak lepas dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan kurangnya negara untuk menjamin bahwa supaya rakyatnya bisa hidup sehat.

Langkah pemerintah mengeluarkan kartu jaminan kesehatan merupakan langkah yang sangat baik mengingat itu menandakan bahwa pemerintah peduli dengan kesehatan rakyatnya. Hanya saja kartu jaminan kesehatan bukan jawaban dari persoalan kesehatan yang ada di Indonesia. Untuk bisa sehat Indonesia butuh lebih dari sekedar kartu jaminan kesehatan, tetapi edukasi masyarakat tentang hidup sehat dan regulasi serta penegakan hukum yang menjamin masyarakat bisa hidup secara sehat.

Rasa-rasanya kartu jaminan kesehatan tidak akan optimal untuk menjamin kesehatan masyarkat jika rakyatnya tidak dididik dengan baik tentang cara hidup sehat serta tidak dilindungi kesehatannya dari praktek-praktek yang pelanggaran hukum yang membahayakan kesehatan masyarakat seperti membuang limbah sembarangan. Justru kartu jaminan kesehatan akan bisa menjadi bumerang yang akan membebani negara jika masyarakat di Indonesia adalah orang-orang yang sakit-sakitan. Bayangkan saja biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk menjamin kesehatan rakyatnya yang sakit-sakitan karena gaya hidup tidak sehat.

Oleh karena itu, yang pertama masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya kesehatan. Masyarakat perlu dididik tentang bagaimana cara hidup sehat. Masyarakat perlu diajari tentang bagaimana menjaga kesehatan, bagaimana memilih mengolah makanan yang sehat dan aman, bagaimana mendapat air yang bersih baik untuk makan minum atau untuk MCK. Jika masyarakat tidak dapat hidup sehat ujung-ujungnya negara harus banyak menanggung biaya untuk mengobati masyarakatnya yang sakit.

Isu lain tentang kesehatan yang masih sering diabaikan adalah tentang jaminan bagi masyarakat untuk bisa hidup sehat. Beberapa daerah di Indonesia sungainya banyak yang tercemar, apakah itu tercemar limbah pabrik atau limbah rumah tangga. Padahal jika diihat, sungai memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, apakah itu dalam sektor pertanian, perikanan ataupun kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja jika sungainya tercemar, otomatis produk-produk pertaniannya juga akan tercemar. Kalau sungainya mengalir ke laut, lautnya juga akan tercemar, ekosistem laut menjadi rusak dan ikannya banyak yang mengandung zat berbahaya. Kalau semua sumber pangan dan sumber minum sudah tercemar ya masyarakatnya tinggal menunggu antrian untuk sakit saja. Celakanya, penyakit yang disebabkan oleh polusi air biasaya adalah sakit-sakit kronis. Dalam hal ini perlu campur tangan pemerintah untuk menjamin tentang keamanan lingkungan bagi masyarakatnya supaya bisa hidup dengan baik. Rasa-rasanya kalau rakyat sehat, negarapun juga akan kuat.
Jakarta Kumuh Jakarta Kumuh Reviewed by Admin on November 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →