Hakikat Hati



Kesalahan terbesar dalam kita memahami kata "hati" khususnya dalam berbahasa Indnesia adalah bahwa hati itu sering diterjemahkan dengan perasaan/emosi. Sehingga kita sering menganggap "cinta" sebagai perasaan atau emosi yang meluap-luap. Padahal kalau kita mau melihat lebih dalam lagi, sebenarnya padanan kata yang lebih tepat mengenai hati adalah batin, yang berarti pusat dari perasaan, kehendak, dan intelektual. Yang tidak lain dan tidak bukan hati adalah pusat dari kehidupan manusia.

Dengan demikian ketika cinta hadir di dalam hati manusia maka yang dia sentuh adalah pusat terdalam dari kehidupan manusia yang tidak lain dan tidak bukan adalah batin itu sendiri. Dan kemudian emosi-emosi yang pada akhirnya nampak tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu perwujudan yang bisa dilihat dari cinta. Yang penting untuk dipahami adalah cinta yang sebenarnya jauh lebih dalam dari sekedar emosi-emosi yang nampak.

Karena cinta yang sebenarnya hadir di dalam batin dari manusia, dimana batin itu tidak lain dan tidak bukan adalah bagian terdalam dari manusia yang digunakan untuk berhubungan langsung dengan Tuhan.
Hakikat Hati Hakikat Hati Reviewed by Admin on Juni 07, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →